Jumat, 27 Maret 2015

JARINGAN KOMPUTER ( KKPI)

Pengertian dari jaringan komputer secara umum adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya. Nah dalam jaringan komputer memiliki beberapa jenis. Dari jaringan yang sederhana sampai jaringan yang mencakup secara luas. Silahkan simak apa saja jenis-jenis jaringan pada komputer dibawah ini :

Jenis-jenis Jaringan Komputer


1. PAN (Personal Area Network)
PAN adalah singkatan dari personal area network. Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan hp dengan komputer.

2. LAN (Lokal Area Network)
LAN adalah singkatan dari lokal area network. Jenis jaringan LAN ini sangat sering kita temui di warnet-warnet, kampus, sekolah ataupun perkantoran yang membutuhkan hubungan atau koneksi antara dua komputer atau lebih dalam suatu ruangan.

3. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN singkatan dari metropolitan area network. Jenis jaringan komputer MAN ini adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. Sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10 - 50 kilo meter.

4. WAN (Wide Area Network)
WAN singkatan dari wide area network. WAN adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang cukup besar. contohnya adalah jaringan yang menghubugkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya


Alat – alat membangun Jaringan Komputer

Untuk membangun jaringan baik berbasis Microsoft Windows Server 2003, Windows 2000 Server maupun Workgroup berbasis Windows XP atau Wind0ws Vista dan windows 7 ada beberapa hal penting dan merupakan kebutuhan wajib alias harus ada. Komponen-komponen yang dimaksud adalah hardware untuk membangun jaringan itu sendiri. Yang dimaksud hardware adalah perangkat keras yang meliputi beberapa komponen Komputer Server, Komputer Client, NIC, HUB, Switch, Kabel, dan lain-lain.
Adapun alat - alat yang digunakan dalam membangun sebuh jaringan sebagai berikut :
  • (Workstation
Komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai: kartu jaringan, aplikasi jaringan (software jaringan), dan kabel untuk menghubungkan ke jaringan. Komputer ini ditujukan sebagai client.



  • Network Interface Cards (NIC)
Network Interface Cards (NIC)Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah: kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token.



  • HubHub
Hub merupakan pembagi sinyal data bagi Network­ Interface Card (NIC) dan sekaligus berfungsi sebagai penguat sinyal. Hub tidak memiliki fasilitas untuk  routing, sehingga semua informasi yang datang akan dikirimkan ke sebuah komputer.

  • SwitchSwitch
Switch menghubungkan semua komputer yang terhubung ke LAN, sama seperti Hub. Perbedaannya adalah switch dapat beroperasi dengan mode full duplex dan mampu mengalihkan jalur dan memfilter informasi ke dan tujuan yang spesifik.

  • RouterRouter
Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur di antara keduanya. Jika dua atau lebih LAN terhubung dengan router, setiap LAN dianggap sebagai subnetwork yang berbeda.

Router terdiri atas dua jenis :
·         Router Dedicted ; sebuah device khusus yang dibuat oleh pabrik.
·         Router PC ; dimana PC dapat difungsikan sebagai router selama memiliki lebih dari satu interface jaringan, mampu mem-fordward paket IP, serta menjalankan program untuk mengatur routing paket.



  • Modem
ModemModem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”.

PengertianTopologi Jaringan Komputer adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak computer sekaligus menjadi satu jaringan yang saling terkoneksi.
1.    Topologi  Ring

topologi jaringan komputerPada Topologi Ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring. Topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file kekomputer 4, maka data akan melewati computer 2 dan 3 sampai diterima oleh komputer 4.

·         Kelebihan dari topologi ring adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi dan penggunaan jumlah kabel LAN yang sedikit, sehingga menghemat biaya.
·         Kekurangan paling fatal dari topologi ini adalah jika salah satu komputer atau kabel bermasalah, maka pengirimandata akan terganggu bahkan error.
2.    Topologi BUS
topologi jaringan komputerTopologi Jaringan Komputer Bus tersusun rapi seperti antrian dan menggunakan cuman satu kabel coaxial dan setiap computer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.



·      Kelebihan dari topologi bus hamper sama dengan ring,kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan.
·      Kekurangan topologi iniadalah jika terjadi gangguan atau masalahpada satu komputer bisa mengganggu jaringan komputer lain.

3.    Topologi Star
topologi jaringan komputerTopologi ini membentuk seperti bintang karena semua computer di hubungkan ke sebuah HUB atau Switch dengan kabel UPT, sehingga HUB atau Switch adalah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika computer 1 ingin mengirim data ke computer 4 data akan dikirim ke Swicth dan langsung di kirimkan ke computer tujuan tanpa melewatin computer lain.


·      Kelebihan dari topologi inin adalah sangat mudah menditeksi computer mana yang mengalami ngangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan computer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi.
·      Kekuranggannya adalah memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasanggannya, kareana membutuhkan kabel yang banyak serta Switch atau HUB, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika Switch atau HUB mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu.

4.    Topologi Mesh
pengertian topologi jaringan komputerPada topologi ini setiap computer akan terhubung dengan computer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai computer tujuan tanpa melalui computer lain ataupun Switch atau HUB.
·      Kelebihannya topologi ini adalah proses pengirimannya lebih cepat dan tanpa melalui computer lain, jika computer satu mengalamin kerusakan tidak akan mengganggu computer lain.
·      Kekurangannya adalah memerlukan biaya yang tinggi karenamembutuhkan kabel yang banyak dan setiap computer harus memiliki port I/O yang banyak juga, selain itu instalasinya sangat rumit.

5.    Topologi Tree
macam jenis topologi jaringan komputerTopologi ini merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungkan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus.
- Kelebihan dari topologi ini adalah mudah menemukan suatu kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan jaringan jika diperlukan.
- Kekurangannya adalah menggunakan banyak kabel, sering terjadi tabrakan dan lambat jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi.

K


Manfaat Jaringan Komputer
·         Komunikasi 
Ada sistem jaringan pc sangat mungkin untuk dapat saling berkomunikasi andaikan jaringan pc dilengkapi dengan jaringan internet, maka berkomunikasi dapat memakai software instant message yang berbentuk online, layaknya yahoo messenger, gtalk, ebuddy, serta lain sebagainya. akan tetapi bila tidak, maka dapat memakai software instant messenger yang berbentuk off-line atau cuma memiliki fungsi di dalam jaringan pc saja, layaknya winchat, net send, serta fominenet. disamping itu dengan jaringan kita dapat bertukar info serta dan data melewati e-mail. 

·         Sharing data 
Apabila andaikan kita perlu mengantar data dengan jumlah besar dari sesuatu pc ke pc lain. apa yang perlu kita jalankan. rata-rata kita dapat memindahkan data tersebut, gunakan media eksternal, umpama, usb flash disk, dvd atau cd dan seterusnya. perihal itu mungkin dikerjakan, akan tetapi mengonsumsi waktu lama serta terlampau tidak efisisien. nah oleh karena ada jaringan pc, kita dapat memindahkan sesuatu data dari pc ke pc dengan cepat serta gampang. 

·         Sharing media 
Tak hanya untuk sharing data, sistem jaringan pc juga sangat mungkin share peralatan penunjang layaknya printer, scanner, serta yang lain. lantas, penyediaan peralatan penunjang tersebut tidak usah cocok dengan jumlah pc yang difungsikan. dengan kata lain, satu printer serta scanner dapat difungsikan untuk lebih dari satu pc sekalian. 

·         Centralized security 
Pemasangan perangkat keamanan pada satu area untuk mengamankan semua jaringan pc. umpama : firewall ( memiliki fungsi untuk mengfilter/menyeleksi info yang masuk ). 

·         Integrasi data 
Pembagian beban pemrosesan data ke banyak pc lebih gampang. umpama : sistem terdistribusi. 

·         Efisiensi waktu serta tenaga 
Kurangi waktu serta tenaga percuma di dalam pertukaran data serta info yang dapat di jalankan tanpa kita bekerja dengan tenaga punya arti kita tinggal buka saja laptop/komputer kita. umpama : file share via jaringan. 

·         Kerjasama 
Sangat mungkin kolaborasi dari banyak orang-orang apalagi hingga di dalam cakupan global ( semua dunia ). umpama : workgroup, komune open source software ( free / gratissss ). 

·         Efisiensi biaya 
Kurangi keperluan hardware serta software ( 1 komponen dapat di pakai berbarengan ). umpama : diskless workstation. 

·         Peningkatan produktivitas 
Dengan efisiensi waktu serta tenaga dan terjalinnya kerja sama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas dapat meningkat. 

·         Hiburan interaktif 
(Nonton acara tv online, radio streaming, download film atau lagu, dan seterusnya). jadi sesuatu kesenangan tersendiri bila kita punyai jaringan pc di dalam tempat tinggal sendiri. lebih-lebih dengan telah dikembangkannya smartphone yang makin lama banyak bermunculan sepeti i-phone serta android yang di mana handphone tersebut diperlukan koneksi atau jaringan pc yang cukup untuk membuka info yang kita ingginkan. 

Pengertian Protokol Jaringan

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.

Jenis-jenis Protokol Jaringan

  • HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.
  • Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di Internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks.Untuk mendapatkan maklumat melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di Internet. Gopher merupakan protocol yang sudah lama dan saat ini sudah mulai di tinggalkan karena penggunaannya tidak sesedeharna HTTP.
  • FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Pada umumnya browser-browser versi terbaru sudah mendukung FTP.
  • Mailto, Protokol mailto digunakan untuk mengirim email melalu jaringan internet.
  • TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
  • UDP (User Datagram Protocol) adalah TCP yang connectionless. Hal ini berarti bahwa suatu paket yang dikirim melalui jaringan dan mencapai komputer lain tanpa membuat suatu koneksi. Sehingga dalam perjalanan ke tujuan paket dapat hilang karena tidak ada koneksi langsung antara kedua host, jadi UDP sifatnya tidak realibel, tetapi UDP adalah lebih cepat dari pada TCP karena tidak membutuhkan koneksi langsung.
  • DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.
  • PPP (Point to Point) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna. Selain itu, protokol ini juga mendukung banyak protokol-protokol jaringan secara simultan. PPP didefinisikan pada RFC 1661 dan RFC 1662.
  • SLIP (Serial Line Internet Protokol) merupakan sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon. Alat bantu lainnya dalam SLIP adalah PPP yang mendeteksi kesalahan dan konfigurasi. Sistem ini memerlukan satu komputer server sebagai penampungnya, dan secara perlahan-lahan akan digantikan oleh standar PPP yang memiliki kecepatan proses lebih tinggi.
  • ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan.
  • POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet. Protokol ini dispesifikasikan pada RFC 1939.
  • IMAP (Internet Message Access Protocol). Protokol ini sama dengan protokol POP (sama-sama protokol untuk nge download email), kelebihan protokol ini dibandingkan dengan POP, IMAP memungkinkan email tetap berada di mail server. Identitas protokolnya port 143.
  • SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Protokol ini digunakan untuk pengiriman email dengan menggunakan aplikasi email client (outlook express, eudora, thunderbird), dengan identitas port 25.
  • HTTPS (HyperText Transport Protocol Secure) memiliki pengertian sama dengan HTTP tetapi dengan alasan keamanan (security), HTTPS memberi tambahan Secure Socket Layer (SSL). Umumnya website yang menggunakan HTTPS ini adalah website yang memiliki tingkat kerawanan tinggi yang berhubungan dengan masalah keuangan dan privacy dari pelanggannya seperti website perbankan dan investasi. Teknologi HTTPS protocol mencegah kemungkinan "dicurinya" informasi penting (credit card adalah contoh yang paling serinf disebut-sebut) yang dikirimkan selama proses komunikasi berlangsung antara user dengan web server (atau sebaliknya). Secara teknis, website yang menggunakan HTTPS akan melakukan enkripsi terhadap informasi (data) menggunakan teknik enkripsi SSL. Dengan cara ini meskipun seseorang berhasil "mencuri" data tersebut selama dalam perjalanan user web server, orang tersebut tidak akan bisa membacanya karena sudah diubah oleh teknik enkripsi SSL.
  • SSH (Secure Shell Hosting) adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman. Dikembangkan pertamakali oleh OpenBSD project dan kemudian versi rilis p (port) di-manage oleh team porting ke sistem operasi lainnya, termasuk sistem operasi Linux. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun mode grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan. scp yang merupakan anggota keluarga ssh adalah aplikasi pengganti rcp yang aman, keluarga lainnya adalah sftp yang dapat digunakan sebagai pengganti ftp.
  • Telnet (TeleNetwork) adalah remote login yang dapat terjadi di internet karena ada service dari protocol TELNET. Dengan Telnet memungkinkan kita untuk mengakses komputer lain secara remote melalui internet.Dalam bahasa yang mudah kita dapat memberikan perintah kepada komputer lain baik membuat file,mengedit,menghapus dan menjalankan suatu perintah hanya melalui komputer di depan meja kita.Telnet banyak di pakai dalam mesin berbasis UNIX dan sangat jarang aplikasi telnet pada mesin berbasis Windows NT/2000.
  • LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah suatu bentuk protokol client-server yang digunakan untuk mengakses suatu directory service. Pada tahap
    awalnya, LDAP digunakan sebagai suatu front-end bagi X.500, tetapi juga dapat digunakan bersama directory server yang stand-alone dan juga yang lainnya.
  • SSL (Secure Socket Layer) adalah Protokol berlapis. Dalam tiap lapisannya, sebuah data terdiri dari panjang, deskripsi dan isi. SSL mengambil data untuk dikirimkan, dipecahkan kedalam blok-blok yang teratur, kemudian dikompres jika perlu, menerapkan MAC, dienkripsi, dan hasilnya dikirimkan. Di tempat tujuan, data didekripsi, verifikasi, dekompres, dan disusun kembali.
Pengertian e-mail
E-mail (electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan/membuka untuk menerima e-mail tersebut. Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan cara mengaktifkan pesan yang akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk keperluan ini, misalnya Microsoft Outlook.

Manfaat/kegunaan e-mail
1. Media komunikasi
E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum (komunitas).
2. Media pengiriman
Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.
4. Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
5. Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.
6. Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat blog dan website.
7. Sosial media
Dengan e-mail, anda bisa menjalin hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google.

Web email atau Webmail
adalah layanan email yang bisa diakses menggunakan web browser internet explorer, firefox dan opera, google crome, safari, netcape dan lain-lain. Kelebihan webmail bisa dibuka komputer  yang berbeda secara langsung tanpa harus mensetting ulang layanan. Manfaat menggunakan web mail email yaitu email yang kita kirim akan dapat diakses dari mana saja. Berbeda jika kita menggunakan aplikasi lain seperti Outlook Express, Mozilla’s Thunderbird dimana email tersebut hanya dapat diakses dari komputer tertentu. dan Salah satunya kerugian kita mengakases email lewat webmail adalah harus terhubung dengan koneksi internet jika ingin mengecek atau membaca email di akun pengguna itu sendiri.
·         Keunggulan menggunakan web mail : kita bisa mengorganisir email yang kita miliki dengan leluasa dibanding dengan software email client. selain itu di web mail, kita bisa menggunakan fitur – fitur yang mungkin tidak bisa didukung di email client karena tidak semua fitur yang dimiliki oleh provider email didukung langung oleh email client. semisal chat yang ada pada gmail atau yahoo.
·         Keunggulan menggunakan web mail ialah kita bisa nyaman untuk mengirim surat, tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan dan Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Selain itu pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
Apa fasilitas Webmail yang tersedia?
Fasilitas yang tersedia jika mengakses email melalui webmail antara lain adalah:
1.    Mengirim email
2.    Membaca email
3.     Membalas email
4.     Meneruskan email
5.     Menyimpan email
6.    Dapat menghapus email
7.     Mengembalikan email yang telah terhapus ke tempat semula
8.    Dapat menggunakan lampiran dokumen
9.    Dapat mencetak email.


Email client
adalan layanan email bisa akses dengan menggunakan aplikasi email client (outlook express, eudora, thunderbird, foxmail, dll). kelebihan yang paling utama adalah proses buka email yang lebih cepat karena tidak terganggu iklan.
·         keunggulan menggunakan software email client: kita bisa mendapatkan update inbox terbaru tanpa kita harus mengceknya secara manual. semisa microsoft outlook yang akan memberitahukan email baru lewat jendela login windows xp. dan kita juga bisa mengorganisir email secara offline. Keunggulan menggunakan software email client ialah dapat menghemat koneksi internet. Kita cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive. Setelah itu, Kita bisa membaca dan menulis email secara offline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar