IKLAN
KOMERSIAL AUDIO VISUAL
“
MOCHI Dari BALI”
LAPORAN
PROJECT WORK
Diajukan
sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan Program Study Multimedia SMK Negeri 1
Sukawati
Disusun oleh :
NI
LUH PUTU RAKA WIDIANTARI
No
Peserta : 6561
MULTIMEDIA
PROGRAM
KEAHLIAN MULTIMEDIA
SMK
NEGERI 1 SUKAWATI
Alamat
: Kampus SMK Bali di Batubulan. Telp/Fax. (0361) 298134
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
IKLAN
KOMERSIAL AUDIO VISUAL
MAKANAN
RINGAN
“ MOCHI Dari BALI”
LAPORAN
PROJECT WORK
Dajukan
sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan Program Study Multimedia
SMK
Negeri 1 Sukawati
Nama Peserta :
NI LUH PUTU RAKA WIDIANTARI
No. Peserta :
6561
Judul Proyek :
Iklan Komersial Audio Visual
“ MOCHI Dari BALI”
PRODUK
:
IKLAN KOMERSIAL AUDIO VISUAL
“ MOCHI Dari BALI ”
|
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur kehadapan Ida Sang Hyang
Widhi ( Tuhan Yang Maha Esa ) yang telah memberikan rahmat dan karunianya laporan
project work ini dapat diselesaikan dengan baik sesuai jadwal dan harapan.
Laporan
project work ini dapat dibuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak
pembimbing materi maupun teknis, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima
kasih kepada :
1. I
Ketut Arka, S.Pd. M.Pd Kepala SMK Negeri 1 Sukawati selaku penanggung jawab
2. Drs.
Putu Ngurah Alit Putra, selaku Kakomka Program Study Multimedia yang telah banyak
memberikan masukan, sehingga laporan project work ini dapat diselesaikan.
3. Wayan
Dana Atmaja S.Pd, selaku pembimbing yang telah banyak memberikan pengarahan,
sehingga laporan project work ini dapat
diselesaikan.
4. Kedua
orang tua yang selalu memberi dukungan kepada penulis.
5. Dan
semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan project work ini
sehingga selesai dengan baik.
Penulis
menyadari bahwa laporan project work ini masih jauh dari sempurna oleh karena
itu, kritik dan saran yang sifatnya konstruktif sangat diharapkan oleh penulis.
Akhir kata, penulis mengucapkan terimakasih dan berharap semoga laporan project
work ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Sukawati, Februari 2015
(Ni
Luh Putu Raka Widiantari )
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul Halaman
Nama Produk………………………………………………….i
Kata Pengantar……………………………………………….. ii
Daftar Isi……………………………………………………...iii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang…………………………………1
BAB
II TENTANG PRODUK/JASA
2.1
Gambaran Produk/Jasa……………………….. 2
2.1.1
Keunggulan…………………………... 2
2.1.2
Kegunaan…………………………….. 2
2.2
Sasaran Pasar/Pengguna…………………….... 2
BAB
III PROSES PRODUKSI
3.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan……………... 3
3.2
Alat dan Bahan……………………………….. 4
3.3
Sistematika Kerja…………………………….. 5
3.4
Script/Storyboard……………………………..6
3.5
Hasil yang Dicapai…………………………....8
3.6
Perhitungan Laba/Rugi………………………. 8
BAB
IV TEMUAN
4.1
Keterlaksanaan………………………………..9
4.2
Manfaat………………………………………..10
4.3
Pengembangan………………………..... ….....10
BAB
V KESIMPULAN DAN SARAN
5.1
Kesimpulan dan Saran………………….........11
BAB
VI PENUTUP
6.1 Penutup………………………………… ……12
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Pada saat ini cemilan atau
makanan-makanan ringan khas daerah susah untuk dicari karena sekarang banyak
para produsen makanan yang membuat produk makanan baru yang mampu menarik minat
pembeli. Maka penulis membuat Iklan Komersial Audio Visual dengan produk
Makanan Ringan yang berjudul “ Mochi dari Bali” yang terdapat di daerah sekitar
kami. Dengan adanya iklan ini kami berharap bisa memperkenalkan produk ini di
masyarakat dan dapat membuat para penyimak mengetahui keunggulan yang terdapat
pada produk kami ini.
"Mengapa
penulis membuat iklan ini?"
Tujuan
penulis membuat iklan ini yaitu :
1.
Memperkenalkan makanan tradisional berupa makanan ringan khas daerah kami.
2.
Mendorong calon pelanggan untuk melakukan pembelian produk makanan ini .
3.
Sebagai salah satu syarat kelulusan dalam program keahlian Multimedia SMK
Negeri 1 Sukawati.
BAB
II
TENTANG
PRODUK/JASA
2.1 Gambaran Produk/Jasa
Iklan Komersial Audio
Visual yang berjudul “ Mochi dari Bali ” Tontonan ini berdurasi kurang lebih 1 menit. Merupakan tontonan yang mengandung
unsur memperkenalkan produk makanan daerah kepada masyarakat agar lebih
mengenal keunggulan dari jajan daerah /tradisional ini. Untuk generasi penerus
agar lebih mencintai produk-produk dalam negeri.
2.1.1 Keunggulan
Iklan Komersial Audio
Visual ini dikemas secara
sederhana tanpa mengubah nilai dan makna yang terkandung di dalamnya agar mudah
dimengerti oleh penonton dan kalangan masyarakat luas.
2.1.2 Kegunaan
Kegunaan yang pertama adalah sebagai bahan
edukasi untuk masyarakat agar mulai mencintai dan mengenal keunggulan jajanan
mochi daerah ini atau pun lebih mencintai produk dalam negeri..
2.2
Sasaran Pasar / Pengguna
Adapun
sasaran pasar/pengguna dari Iklan Komersial Audio Visual ini adalah semua umur dari
anak- anak hingga orang dewasa untuk turut mengenal keunggulan dari jajanan
mochi ini.
BAB
III
PROSES
PRODUKSI
3.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
a.
Waktu
pelaksanaan
Rincian
waktu pelaksanaan tercantum dalam table berikut :
No
|
Kegiatan
|
FEBRUARI
2015
|
|||||||||||||||||
Tanggal
|
|||||||||||||||||||
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
||
1
|
Persiapan Ide Cerita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Penyusunan
Storyboard/Script
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Shooting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Editing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Finishing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Tempat
Pelaksanaan
Tempat
dimana penulis berproduksi adalah:
1. Lab
Editing multimedia SMK N 1 Sukawati, sebagai tempat dimulainya pencarian ide,
merancang storyboard, editing hingga finishing.
3.2
Alat dan Bahan
Adapun
alat yang digunakan dalam proses produksi diantaranya :
No
|
Nama Alat
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Pemilik
|
1
|
Camera
DSLR
|
Canon 60D
|
2
|
Sekolah
|
2
|
Tipod
|
Standar
|
2
|
Sekolah
|
3
|
Komputer
|
Intel Core i3
|
1
|
Sekolah
|
Sedangkan
bahan yang digunakan diantaranya :
No
|
Nama Bahan
|
Spesifikasi
|
Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Memory
|
Sandisck
|
Buah
|
2
|
2
|
Kertas
Foto
|
A4
|
Pack
|
1
|
3
|
Cover DVD
|
DVD
Pro
|
Buah
|
1
|
3
|
DVD
Blank
|
DVD-RW
|
Keping
|
1
|
5
|
Label
DVD
|
Kertas/Label
|
Pack
|
1
|
6
|
Cutter
+ Penggaris
|
-
|
Buah
|
1
|
7
|
Kertas
HVS
|
70
GSM
|
Pack
|
1
|
3.3
Sistematika
Kerja
·
Produksi
IDE CERITA
|
SHOOTING |
EDITING |
FINISHING |
PENYUSUNAN
STORYBOARD/ SCRIPT
|
3.4
Storyboard/Script
· Storyboard
Ada dua anak remaja sedang asyik memainkan
handphone mereka, lalu salah satu dari mereka membawa makanan ringan khas
daerahnya yang bernama ‘mochi’ dan menawarkan kepada temannya.Ketika asyik
memakan ‘mochi’ mereka tiba-tiba melihat dua temannya sedang berjalan melewati
mereka lalu mereka memanggilnya dan manawarkan ‘mochi’ tersebut kepada dua
teman mereka tersebut.
·
Script
NO
|
ANGLE
|
VIDEO
|
AUDIO
|
DURASI
|
|
|
Opening
Text
|
|
|
1.
|
Pen,Long
shot
|
Novia
dan raka yg sedang bermain Hp
|
|
18
detik
|
2.
|
MS,CU
|
Ekspresi
Novia dan raka anak yg sedang bermain Hp
|
|
7
detik
|
3.
|
MS
|
Anak
yg sedang mengambil makanan
Novia
: aku punya makanan,,kamu mau gak ?
Raka
: Makanan apa ?
Novia
: Ini namanya MOCHI
|
|
11
detik
|
4.
|
CU,BCU
|
Tangan
sedang mengambil makanan
|
|
6
detik
|
5.
|
CU
|
Ekspresi
Novia dan raka sedang memakan
|
|
15
detik
|
66.
|
Long
Shot,MS CU
|
2
anak yg sedang berjalan sambil bermain Hp
|
|
18
detik
|
7.
|
MS,CU
|
Ekspresi
anak yg sedang bermain Hp
|
|
7
detik
|
8.
|
CU,BCU
|
Novia
memanggil 2 anak tersebut
Novia
: Hey!!!!
|
|
5
detik
|
9
|
Long
Shot,MS,CU
|
2 anak
tersebut menoleh ke Novia dan Raka
|
|
1
menit 11 detik
|
10
|
Long
Shot,MS,CU
|
2 anak
tersebut menyapa Novia dan Raka.
Dewi : Hey
juga Novia.
Panca : Hey
juga Raka.
|
|
15
detik
|
11
|
CU,BCU
|
Dewi : Lagi
makan apa tu,,kok menikmati banget ?
Raka : iya
dong
Novia : ini
namanya “MOCHI” makanan khas daerahku
Panca : emang
rasa “MOCHI” itu kayak gimana sih ?
Novia :
“MOCHI” ini rasanya manis,,tekstur”ny juga kenyal.Kalian mau ? rasain deh..
aku juga bawa lagi satu
Panca :
Makasi..
|
|
1
menit 48 detik
|
12
|
Long Shot
|
Mereka berkata
: “MOCHI kecil bentuknya sejuta rasanya”
|
|
12
detik
|
3.5
Hasil yang Dicapai
Penulis berhasil
menyelesaikan sebuah Iklan Komersial Audio Visual bertemakan produk makanan
ringan diberi judul “ Mochi dari Bali ” . Iklan tersebut telah penulis kemas
dalam sebuah keeping DVD dengan kemasan menarik.
3.6 Perhitungan Laba/Rugi
No
|
Keteranagan
|
Jumlah
|
Satuan
|
Harga
|
|
Satuan (Rp)
|
Jumlah
|
||||
1
|
Memory Sandisk
|
2
|
Buah
|
200.000,-
|
400.000,-
|
2
|
Kertas Foto
|
1
|
Pack
|
30.000,-
|
30.000,-
|
3
|
Cover DVD
|
2
|
Buah
|
8000,-
|
16.000,-
|
4
|
DVD Blank
|
2
|
Keping
|
5000,-
|
10.000,-
|
5
|
Label DVD
|
1
|
Pack
|
45.000,-
|
45.000,-
|
6
|
Kertas HVS
|
1
|
Pack
|
40.000,-
|
40.000,-
|
7
|
Biaya Cetak
|
4
|
Buah
|
8.000,-
|
32.000,-
|
Jumlah
|
573.000,-
|
Biaya
Produksi :
Kameramen : 2 orang x Rp. 100.000 = Rp.
200.000 x 1 hari = Rp. 200.000
Pemain : 4 orang x Rp. 65.000 =
Rp.260.000 x 1 hari = Rp. 260.000
Editor : 1 orang x Rp. 500.000 =
Rp. 500.000 x 1 hari = Rp. 500.000
Alat & Bahan : - = Rp. 573.000
Total
= Rp. 1.533.000
Keuntungan :
10% x Rp. 1.533.000 = Rp.
153.300
Harga jual :
Rp. 1.533.000 + Rp. 153.300 = Rp. 1.686.300
BAB
IV
TEMUAN
4.1 Keterlaksanaan
A. Faktor Pendukung
Adapun
faktor pendukung dalam keterlaksanaan produksi iklan ini sejatinya tidak lain
adalah dari dewan guru multimedia, guru pembimbing dan juga teman-teman yang
bersedia memberikan saran, kritik dan solusi. Mereka telah banyak membantu
dalam proses produksi dan juga editing. Kerjasama dari teman-teman telah
menjadi faktor utama yang mendorong kinerja penulis dalam kegiatan awal hingga
akhir. Selain itu ada beberapa faktor pendukung lainnya yang menunjang kinerja
penulis :
1. Fasilitas
Wifi SMKN 1 Sukawati yang banyak membantu meringankan biaya untuk mendapatkan
tutorial, refrensi dan soundtrack.
2. Komputer
Lab Multimedia yang penulis gunakan dalam proses editing karena memiliki
spesifikasi yang cukup memadai.
3. Dan
alat-alat pendukung seperti : kamera, tripod, microphone, komputer, dan
lain-lainnya. Dengan pinjaman tersebut penulis dapat menyelesaikan project ini.
B.
Faktor Penghambat
Beberapa faktor berikut adalah hal yang
telah banyak menyita waktu sehingga banyak waktu yang terbuang, berikut adalah
faktor penghambat dalam proses produksi Iklan Komersial Audio Visual kali ini :
1. Sulitnya
mencari talent yang sesuai dengan karakter pada pemeran.
2. Pengambilan
gambar dengan talent anak-anak remaja penulis agak kesusahan dalam mencari mood
mereka yang tidak labil. Kadang suatu ketika mereka malas dan lebih suka
memainkan handphone, sehingga penulis harus membujuk agar pengambilan gambar
dapat berlanjut.
4.2 Manfaat
Dalam kegiatan kali ini
beberapa manfaat yang bisa diambil diantaranya :
1. Dapat
memperdalam penggunaan software yang dipelajari dari kelas 10 sampai kelas 12,
hingga dapat menyelesaikan Iklan Komersial Audio Visual tersebut.
2. Memacu
penulis untuk berkarya dan berkarya lagi dalam memproduksi sebuah tontonan yang
berkualitas dan bermafaat bagi penonton.
3. Penulis
tersadar disiplin dan menejemen waktu yang baik adalah faktor paling penting
untuk mencapai hasil yang memuaskan dan tepat batas waktu deadline.
4. Kerjasama
antar siswa yang semakin terpupuk dengan baik dan dari situlah muncul semangat
seperjuangan untuk mencapai hasil yang maksimal.
4.3 Pengembangan
Walaupun
dalam melaksanakan Project Work Iklan Komersial
Audio Visual ini sedikit menguras otak, membuat penulis tersadar bahwa tidak
mudah memproduksi suatu tontonan yang berkualitas. Ditambah dengan beberapa
halangandan waktu yang relatif singkat membuat penulis harus ekstra bekerja
keras memikirkan setiap tahap produksi Iklan Komersial Audio Visual ini.
Untuk selanjutnya tentu
penulis akan lebih melatih dan mendalami kemampuan dalam proses editing,
penyuntingan gambar maupun video agar menunjang kemampuan penulis setelah menyelesaikan program study di
SMKN 1 Sukawati.
Belajar
memenejemen waktu dan sikap baik serta disiplin yang tinggi menjadi faktor penting untuk menjadi lulusan
yang handal dan jika lulus dari dunia pendidikan. Pada intinya penulis dituntut
untuk belajar dan berkarya dan tidak boleh berpuas diri dengan kemampuan yang
penulis miliki saat ini.
BAB
V
KESIMPULAN
DAN SARAN
5.1
Kesimpulan dan Saran
· Kesimpulan
Untuk
membuat karya dan menyelesaikan sebuah pekerjaan tepat waktunya, kita harus memiliki
loyalitas dan mampu menjaga emosi, semangat dan kondisi tubuh agar tetap
terfokus kepada pekerjaan. Faktor penghambat sudah seharusnya kita hadapi
secara bijak. Untuk meraih hasil yang baik tentunya kita harus mengeluarkan
banyak kemampuan dan ide segar. Segala sesuatunya membutuhkan banyak referensi.
Dan yang penting adalah kedisiplinan serta menejemen waktu yang baik.
Skill
dan kemampuan selama menuntut ilmu 3 tahun terakhir benar-benar diujikan di
ujian akhir guna mengukur sejauh mana kemampuan dan seberapa menguasaikah kita
dibidang yang telah dipelajari selama ini.
Seperti
yang penulis alami pada proses pembelajaran kali ini, untuk menyelesaikan Iklan
Komersial Audio Visual. Walaupun dengan kemampuan penulis yang sangat minim tapi
berkat tekad dan usaha kerja keras penulis bisa mengerjakannya walaupun dengan
hasil yang maksimal. Tapi semua itu saya tanamkan sebagai proses belajar yang
dikemudian hari harus lebih baik dari sebelumnya.
· Saran
Tahun selanjutnya
diharapkan para siswa lebih baik lagi dalam menyelesaikan tugas akhir ini.
Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin dan jangan pernah menunda nunda pekerjaan
karena itu hanya menambah beban yang ada di pikiran.
BAB VI
PENUTUP
6.1 Penutup
Demikian laporan project work ini dibuat,
semoga Bapak/Ibu menyetujui dan puas dengan apa yang tercantum di dalam laporan
project work ini dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pembuatan laporan
project work ini. Baik yang di sengaja
maupun yang tidak disengaja. Akhir kata saya Ucapkan Terima kasih.
keren (y)
BalasHapustrims
Hapuskeren sekali kami smk n 6 purworejo juga sedang membuat nya
BalasHapuskerenn (y)
BalasHapuskami juga lagi buat
SMKN 2 SUMBAWA BESAR . . .
KAMI JUGA, SMKN 55 JAKARTA
BalasHapuskami smk multimedia karya budi bandung salam smk BISAA !!!
BalasHapusKeren, salam dari kami SMK Karya Guna Bhakti 1 Kota Bekasi, SMK Bisa!!!
BalasHapusthanks gan, bermanfaat.....
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusikut unduh, trim
BalasHapus