Selasa, 29 Maret 2016

Makalah Arsitektur dan Organisai Komputer ( PROCESSOR )



MAKALAH
Arsitektur & Organisasi
Komputer

Meteri :
“PROCESSOR”


Oleh :
Ni Luh Putu Raka Widiantari (15101442)
Camellia Astryani Ngambut (15101443)
Maria Viktoria Jehuman (15101842)
Yuliatun Hasanah (15101855)

KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi ( Tuhan Yang Maha Esa ) yang telah memberikan rahmat dan karunianya Makalah ini dapat diselesaikan dengan baik sesuai jadwal dan harapan.
Penulis menyadari bahwa laporan Makalah ini masih jauh dari sempurna oleh karena itu, kritik dan saran yang sifatnya konstruktif sangat diharapkan oleh penulis. Akhir kata, penulis mengucapkan terimakasih dan berharap semoga laporan Makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

                                                                         Denpasar, Desember 2015

                                                                                        Penulis

                                                                                                           









DAFTAR ISI
Judul Makalah…………………………………………………………... i
Kata Pengantar………………………………………………………….. ii
Daftar Isi………………………………………………………………... iii

BAB I PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang……………………………………………... 1
1.2            Rumusan Masalah………………………………………….. 1
1.3            Tujuan……………………………………………………… 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1            Pengertian Processor………………………………………. 2
2.2            Fungsi dan Jenis-jenis Processor…………………………... 3
2.3            Cara Kerja Processor………………………………………. 5
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan……………………………………………………6
3.2 Saran………………………………………………………….. 6
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………....7

BAB I
PENDAHULUAN
1.1            Latar Belakang
Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input,  memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta kerja otomatatis. Istilah komputer (computer) di ambil dari bahasa latin computer yang berarti menghitung (to comaipute/to reckon). Processor ini biasanya sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang di dukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem computer  dan di gunakan sebagai pusat /otak dari computer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah di sediakan oleh motherboard, dan dapat sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan computer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
1.2            Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian processor?
2.      Apa fungsi dan jenis-jenis processor?
3.      Bagaimana cara kerja processor?

1.3            Tujuan 
1. Untuk mengetahui pengertian Processor
2. Untuk mengetahui fungsi dan jenis-jenis processor
3. Untuk mengetahui cara kerja processor
4. Melengkapi tugas Arsitektur Komputer yang di bimbing  oleh bapak I Made    Sudarsana, S.Kom, M.M.Kom.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1         Pengertian Processor

v  Ada beberapa pengertian dari processor yaitu :
1.      Juharis & Abdul Hamid
Processor merupakan pusat eksekusi setiap perintah, baik sebuah instruksi ataupun data dalam sistem komputer.  
2.      Lia Kuswayatno
Processor merupakan sebuah chip yang menjadi pengolah utama dan sebagai pusat pengendali dari berbagai perangkat komputer.
3.      Rahmat Putra
Processor merupakan komponen terpenting dalam komputer untuk mengendalikan segala komponen yang ada di dalam komputer, untuk mengolah data & mengeksekusi semua sistem operasi yang telah diinstalkan di dalam komputer.
Pada dasarnya processor inilah yang biasa disebut dengan CPU (Central Processing Unit), unit pemroses utama dalam memerintahkan program yang akan dijalankan oleh sebuah komputer. Jadi Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh Motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz).
Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD (Advanced Micro Devices) , Apple, Cyrix VIA , IBM (International Business Machine), IDT , dan
Intel. Bagian dari
Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
·         Aritcmatics Logical Unit (ALU)
Melakukan semua bentuk perhitungan aritmatika / matematika sesuai dengan intruksi programnya. Bagian ALU ini pada dasarnya melakukan semua bentuk logika.

·         Control Unit (CU)
 Pengatur lalu lintas data seperti input & output. Semua peralatan dalam sistem komputer diatur dan dikendalikan oleh CU.

·         Memory Unit (MU)
Alat penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi. Register merupakan tempat ngantri data-data yang akan diproses, sebelum data tersebut masuk.
2.2             Fungsi dan Jenis – Jenis Processor

A. Fungsi Processor
CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus atau berfungsi juga untuk memproses semua informasi data yang diterima dari input, yang kemudian menghasilkan output. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.
Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.
           
B. Jenis Prosesor
Processor paling terkemuka di dunia yaitu dengan merk AMD dan Intel, mereka akan memperkenalkan processor dengan spec lebih dari 1 GHz, antara 2 sampai 4 GHz angka yang sangat menakjubkan.

Jenis-Jenis Processor AMD adalah sebagai berikut :

  1. AMD Athlon II X2 240 dengan spec 2,8 GHz,2 x 1024 KB
  2. AMD Athlon II X2 245 dengan spec 2,9 GHz,2 x 512 KB
  3. AMD Athlon II X2 250 dengan spec 3 GHz,2 x 1024 KB
  4. AMD Athlon II X2 255 dengan spec 3,2 GHz,2 x 1024 KB
  5. AMD Phenom II X4 955 Black Edition dengan spec 3.2 GHz,4x 512,6 KB
  6. AMD Phenom II X4 965 Black Edition dengan spec 3,4 GHz,4x 512,6 KB
  7. AMD Phenom II X4 970 Black dengan spec 3,5 GHz,4x 512,6 KB
  8. AMD Phenom II X6 1055T dengan spec 2,8 GHz,6x 512,6 KB
  9. AMD Phenom II X6 1075T dengan spec 3 GHz,6x 512,6 KB
  10. AMD Phenom II X6 1090T BK dengan spec 3,2 GHz,6x 512,6 KB
  11. AMD Phenom II X6 1100T BK dengan spec 3,3 GHz,6x 512,6 KB

 

Jenis-Jenis Processor Intel adalah sebagai berikut :

  1. Intel Pentium IV 478 dengan spec 2,4 GHz
  2. Intel Pentium IV 520 dengan spec 2.0 GHz
  3. Intel Pentium E2140 dengan spec 1.8 GHz
  4. Intel Pentium E2160 dengan spec 1.8 GHz
  5. Intel Pentium E2200 dengan spec 2.2 GHz
  6. Intel Dual Core E5200 dengan spec 2.5 GHz
  7. Intel Core 2 Duo E8500 dengan spec 3.13 GHz
  8. Intel Core 2 Quad Q8200 dengan spec 2.33 GHz
  9. Intel Core i3 540 dengan spec 3.06 GHz
  10. Intel Core i5 760 dengan spec 2.80 GHz
  11. Intel Core i5 760 dengan spec 2.80 GHz
  12. Intel Core i7 960 dengan spec 3.20 GHz
  13. Intel Core i7 3930K dengan spec 3.2 GHz
  14. Intel Core i7 3820 dengan spec 3.6 GHz
Dari semua Jenis-Jenis Processor baik yang bermerk Intel maupun AMD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing contohnya untuk Intel memiliki kelebihan mampu digunakan untuk jangka waktu yang relatif lama, karena processornya dapat mengatur temperaturnya sendiri, tidak dengan AMD yang membutuhkan cooler karena mudah naik temperaturnya. Contoh lain dengan teknologi yang dimilikinya AMD sangat mampu menjalankan aplikasi yang berbasis 64 bit, lain halnya dengan Intel yang hanya mampu menjalankan aplikasi berbasis 32 bit saja.



2.3             Cara Kerja Processor
Ketika processor bekerja maka tidak bisa terlepas dari komponen/peralatan pendukung lainnya seperti Harddisk dan Memory (RAM). Ketiga bagian tersebut akan terus saling terhubung satu sama lain dalam memproses suatu data. Fungsi Processor diibaratkan seperti otaknya komputer, yang akan memerima data kemudian memprosesnya lalu outputnya dikirim kembali ke memory atau pun harddisk. Sebenarnya bahasa / kalimat yang dikenali oleh processor hanya angka 0 dan 1. Dua angka itu saja. Disebut juga bahasa mesin / bilangan biner (01011001). Angka 0 diartikan dengan tidak adanya sinyal listrik, dan angka 1 diartikan dengan adanya sinyal listrik.

Prosesor (CPU disebut, untuk Central Processing Unit) adalah sebuah sirkuit elektronik yang beroperasi pada kecepatan suatu berkat clock internal untuk sebuah kristal kuarsa yang, ketika mengalami sebuah kismis listrik, kirim pulsa, yang disebut “puncak”. Clock speed (juga disebut siklus), sesuai dengan jumlah pulsa per detik, ditulis dalam Hertz (Hz). Dengan demikian, komputer 200 MHz memiliki jam yang mengirimkan pulsa 200.000.000 per detik. Jam frekuensi umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem (FSB, Front-Side Bus), yang berarti kelipatan dari motherboard frekuensi.
Dengan setiap puncak jam, prosesor melakukan tindakan yang sesuai untuk sebuah instruksi atau bagian darinya. mengukur yang disebut CPI (Siklus Per Instruksi) memberikan representasi dari rata-rata jumlah siklus clock yang diperlukan untuk microprocessor untuk mengeksekusi instruksi. Sebuah microprocessorâ € ™ daya sehingga dapat dicirikan dengan jumlah instruksi per detik yang ia mampu memproses CPI. MIPS (juta instruksi per detik) adalah satuan yang digunakan dan sesuai untuk prosesor dibagi dengan frekuensi.





BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan

1.   Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
2.   Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.
3.  Perkembangan processor diawali oleh processor intel pada saat itu hanya satu-satunya microprocessor yang ada. Tetapi pada saat ini sudah banyak beredar processor dari produsen yang lain, sehingga user sudah bisa mendapatkan processor yang beragam.
4.   Dengan setiap puncak jam, prosesor melakukan tindakan yang sesuai untuk sebuah instruksi atau bagian daripadanya. mengukur yang disebut CPI (Siklus Per Instruksi)memberikan representasi dari rata-rata jumlah siklus clock yang diperlukan untuk microprocessor untuk mengeksekusi instruksi.

3.2 Saran
Kami menyadari makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam penulisan makalah ini baik yang kami sengaja maupun tidak kami sengaja. Maka dari itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA









2 komentar: